PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA DASAR CELANA WANITA MENGGUNAKAN METODE CIRC BERBANTUAN JOBSHEET DAN POWERPOINT DI SMK II PIRI YOGYAKARTA

Suryanti, Aswad (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA DASAR CELANA WANITA MENGGUNAKAN METODE CIRC BERBANTUAN JOBSHEET DAN POWERPOINT DI SMK II PIRI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SURYANTI ASWAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbantuan media jobsheet dan powerpoint dalam meningkatkan kualitas pembelajaran membuat pola dasar celana wanita di SMK II PIRI Yogyakarta, 2) peningkatan hasil belajar membuat pola dasar celana wanita menggunakan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbantuan media jobsheet dan powerpoint di SMK II PIRI Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan&Observasi-Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK II PIRI Yogyakarta dengan subjek penelitian adalah 16 peserta didik pada kelas X Busana Butik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan tes unjuk kerja. Pembuktian validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (expert judgement), yaitu ahli evaluasi, ahli materi, dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa materi dan media yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Pembuktian reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan metode CIRC diterapkan dengan baik sesuai dengan sintaknya (membentuk kelompok, membagi jobsheet, penyampaian materi, peserta didik diskusi pembuatan pola, membuat pola sesuai tugas, mempresentasikan hasil pembuatan pola dan evaluasi hasil pembuatan pola). Proses ini dapat mengaktifkan peserta didik, 2) peningkatan hasil belajar membuat pola dasar celana wanita menggunakan metode CIRC berbantuan media jobsheet dan powerpoint meningkat dengan sangat baik.Hal ini dibuktikan bahwa pada siklus I, 75% peserta didik mengalami peningkatan hasil belajarnya (peningkatan sebesar 43,75%). Hasil ini dirasa belum dapat mencapai target, oleh karena itu dilanjutkan dengan siklus II dengan harapan jumlah peserta didik yang tuntas (sesuai KKM) sebanyak 100%. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I ternyata masih perlu ditambahkan dengan media jobsheet, dan hasilnya ternyata 100% atau 16 peserta didik semua tuntas.Dengan demikian, hasil belajar pembuatan pola dasar celana wanita menggunakan metode CIRC mengalami peningkatan. Kata kunci: hasil belajar, pola dasar celana wanita, metode CIRC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51348

Actions (login required)

View Item View Item