Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Materi Pelajaran : PPKn / PKn Satua Pendidikan : SMA Negeri 1 Pengasih

Septi Wulandari, Septi Wulandari (2016) Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Materi Pelajaran : PPKn / PKn Satua Pendidikan : SMA Negeri 1 Pengasih. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13401241056 - SEPTI WULANDARI.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL berlangsung selama kurang lebih dua bulan yakni mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Praketk Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung di sekolah terhadap mahasiswa kependidikan mengenai proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya. Dengan begitu mahasiswa mampu mempraktekkan ilmu yang telah didapatkan dari kampus. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai dengan kegiatan persiapan di kampus berupa microteaching, pembekalan kemudian dilanjutkan dengan observasi, penyerahan mahasiswa PPL, dan persiapan mengajar. Persiapan mengajar antara lain mengenai administrasi guru yakni menyusun RPP, menyiapkan metode dan media yang mampu menunjang proses pembelajaran. Selama kegiatan PPL, mahasiswa juga dituntut untuk melakukan koordinasi dengan Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan. Dalam hal ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk dapat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Pengasih. Kegiatan PPL disesuaikan dengan jurusan mahasiswa yakni mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pengajaran dilakukan di Kelas X MIPA 1 dan XI IPA 1, disamping kedua kelas tersebut mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengajar di kelas lainnya. Kurikulum yang digunakan yakni Kurikulum 2006 (KTSP) untuk Kelas XI dan Kurikulum 2013 untuk Kelas X. Dengan begitu, mahasiswa harus mampu mempersiapkan pengajaran dengan tipe KTSP dan K-13. Media dan metode yang digunakan juga harus bervareatif dan inovatif. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan. Pelaksanaan PPL selama dua bulan ini secara keseluruhan berjalan lancar dan mampu mencapai tujuannya yakni memberikan pengalaman nyata terhadap mahasiswa PPL. Meskipun begitu, dalam pelaksanaannya juga ditemui hambatanhambatan, oleh karena itu komunikasi dan koordinasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbimbing sangat dibutuhkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMA N 1 Pengasih, Mengajar, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jul 2017 03:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51347

Actions (login required)

View Item View Item