Laporan Individu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Materi Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Pengasih

Ganjar Retno Sulastri, Ganjar Retno Sulastri (2016) Laporan Individu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Materi Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Pengasih. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13401241011 - GANJAR RETNO SULASTRI.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan PPL merupakan Program dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam menciptakan atau mencetak calon tenaga pendidik yang profesional sebelum mereka benar-benar terjun ke dunia pendidikan atau menjadi tenaga pendidik. Selain itu tujuan Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan program Praktik Penalaman Lapangan (PPL) untuk menciptakan lulusan yang lebih baik dan paham di dunia pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini berlangsung selama 2 bulan yaitu dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016, namun sebelumnya sudah dilaksanakan observasi pada bulan Juni. Dalam hal ini penulis mendapatkan lokasi PPL di SMA Negeri 1 Pengasih sesuai dengan apa yang dipilih oleh penulis. Tujuan dari Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah agar mahasiswa PPL mendapat pengalaman mengajar atau menjadi pendidik ddi dalam kegiatan pembelajaran dan persekolahan, sehingga apabila lulus kelak mahasiswa sudah mengetahui gambaran mengenai pembelajaran di sekolah yang tidak didapatkan di lingkungan kampus. Inti yang harus didapatkan mahasiswa PPL adalah sikap, nilai, pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik agar dapat dikatakan sebagai pendidik yang profesional. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan terdiri dari beberapa tahap yaitu observasi, persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil belajar. Dari hasil observasi didaptkan informasi, dan masalah yang ada di sekolah serta potensi sekolah yang siap untuk dikembangkan. Kegiatan PPL yang diawali dengan persiapan, praktik mengajar, dan analisis hasil. Pada saat pelaksanaan mengajar mahasiswa diberikan kesempatan untuk ikut mengajar di kelas dalam hal ini penulis mendapat kelas XI IPS 2 dan X MIPA 3. Dari hasil pelaksanaan PPL selama 2 bulan maka penulis merasa banyak mendapat pengetahuan serta pengalaman dalam mengajar dikelas, dari bagaimana membuat administrasi sebagai pedidik, mengelola kelas, memanajemen waktu, serta banyak hal lain yang tidak dipelajari di perkuliahan. Walaupun dalam waktu yang singkat dan pelaksanaan PPL tidak berasa bagi penulis namun dalam pelaksanaanya banyak sekali ditemukan kendala-kendala, dengan segala cara penulis dapat mencari solusi dari permasalahan atau hambatan tersebut . sehingga pelaksanaan PPL terlaksana dengan baik dan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Praktik Mengajar, SMA N 1 Pengasih
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jul 2017 03:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51346

Actions (login required)

View Item View Item