LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 PENGASIH

Rina Rohyatun, Rina Rohyatun (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13302241026 - RINA ROHYATUN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. PPL merupakan suatu usaha dalam peningkatakan efisiensi, efektifitas, dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa UNY dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2016 adalah SMA N 1 Pengasih, yang beralamat di Jl. KRT. Kertodiningrat, Pengasih, Kulon Progo. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli-15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa mengampu mata pelajaran Fisika dengan tiga kali tatap muka perminggunya. Tiap minggu praktikan mengajar selama 5 x 45 menit di setiap kelasnya. Mahasiswa praktikan melakukan praktik mengajar di kelas XI IPA 4. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dimulai dengan persiapan PPL berupa pembuatan administrasi guru meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Agenda Pembelajaran, Program Tahunan, Program Semester, Kisi-kisi soal serta Analisis Butir Soal. Dalam pelaksanaan PPL terdapat beberapa hambatan teknis, namun hambatan itu dijadikan sebagai sebuah pengalaman berharga bekal menghadapi realita dunia pendidikan sebenarnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pendidikan Biologi, PPL, SMA N 1 Pengasih
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jul 2017 02:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51340

Actions (login required)

View Item View Item