PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AUTOCAD DENGAN KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR SMK NEGERI 2 WONOSARI

Yan, Permana (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AUTOCAD DENGAN KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Yan Permana_13505241059.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul AutoCAD yang mampu mendukung pembelajaran berbasis proyek pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat, dan mengetahui kelayakan modul Pembelajaran AutoCAD untuk mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan Borg & Gall (1983) meliputi: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, and (10) dissemination and implementation. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan empat pilihan jawaban untuk ahli dan untuk siswa. Validitas yang digunakan adalah berdasarkan pendapat dari ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Modul pembelajaran AutoCAD telah dihasilkan untuk kelas XI Jurusan Teknik Arsitektur di SMK Negeri 2 Wonosari. Produk dikembangkan menggunakan sepuluh langkah pengembangan, mengacu pada model pengembangan Borg & Gall (1983), dan (2) Tingkat kelayakan modul pembelajaran AutoCAD dengan konsep pembelajaran berbasis proyek di Jurusan Teknik Arsitektur SMK Negeri 2 Wonosari dihasilkan ditentukan melalui tiga kegiatan penilaian produk yaitu: (a) hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan sebesar 87% dalam kategori sangat layak, (b) hasil penilaian oleh ahli media memperoleh tingkat kelayakan sebesar 89% dalam kategori sangat layak, dan (c) hasil penilaian respon siswa memperoleh tingkat kelayakan sebesar 82% dalam kategori sangat layak. Kata kunci: AutoCAD, Pembelajaran berbasis proyek, Pengembangan Modul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51337

Actions (login required)

View Item View Item