LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI : SMA N 1 WATES

Vizensia Nungki Arsanti, Vizensia Nungki Arsanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI : SMA N 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_Vizensia Nungki Arsanty_13302241072_SMA N 1 WATES.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

PPL UNY di SMA N 1 Wates merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh PP PPL dan PKL LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik, Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMA N 1 Wates tahun 2016 ini. SMA N 1 Wates terletak di Jalan Terbahsari 1 Wates, Kulon Progo. Lokasi SMA N 1 Wates berada di wilayah pusat kota Wates dan dekat dengan Alun-Alun Kota Wates. Di sekolah ini mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. TIM PPL UNY dapat berperan sebagai inovator, motivator, mediator sekaligus problem solver bagi SMA N 1 Wates. PPL di SMA N 1 Wates ini memiliki beberapa kegiatan yang bertujuan untuk memajukan lembaga sekolah. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang aktifitas dan keadaan fisik sekolah untuk menentukan program kerja yang akan dilaksanakan nantinya. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 16 kali, dalam praktiknya penyusun telah mengajar sebanyak 15 pertemuan dengan alokasi masing-masing pertemuan 90 menit dalam dua jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu perencanaan penyusunan perangkat pembelajaran , proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing khususnya bidang fisika.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, kegiatan pembelajaran, hasil PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51331

Actions (login required)

View Item View Item