PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PENGASIH

Tirta, Ariyani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Tirta Ariyani_13513241039.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X SMK N 1 Pengasih. (2) Mengetahui pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X SMK N 1 Pengasih. (3) Membuktikan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille pada siswa kelas X SMK N 1 Pengasih. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental dengan desain Post-Test-Only with Nonequivalent Groups. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 56 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi untuk instrumen non tes dan validitas konstruk untuk instrumen tes. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik inter-rater agreement untuk instrumen non tes dan menggunakan rumus alpha cronbach untuk instrumen tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X SMK N 1 Pengasih sebesar 67,9% (19 siswa) telah mencapai KKM. (2) Pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X SMK N 1 Pengasih sebesar 100% siswa telah mencapai KKM. (3) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pengasih. Hal ini dilihat dari hasil penghitungan dengan uji-t diperoleh thitung>ttabel (5,635>2,00488) dengan nilai P<0,05 (0,000<0,05). Kata kunci : STAD, Pencapaian Kompetensi, Saku Passepoille

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51323

Actions (login required)

View Item View Item