PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN BUSANA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DI SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL

Isna, Ratnasari (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN BUSANA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DI SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Isna Ratnasari-12513244028-2017.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1)Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dengan penggunaan media video pada pelajaran membuat hiasan busana kelas XI di SMK Negeri 1 Pandak Bantul. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI pada pelajaran membuat hiasan busana melalui Metode Demonstrasi dengan penggunaan media video di SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model spiral Kemmis dan Mc.Taggart dengan siklus yang meliputi tahap perencanaan, tindakan & pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandak dengan subjek penelitian kelas XI Busana Butik 1 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan meminta pendapat para ahli. Uji validitas berdasarkan kepada keputusan pakar (judgement expert) dan uji reliabilitas menggunakan antar-rater yaitu dengan procentage of agreement. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Penerapan metode demonstrasi penggunaan media video diterapkan sesuai dengan sintaks metode demonstrasi. Penelitian di diterapkan melalui 2 siklus, siklus I diterapakan melalui metode demonstrasi penggunaan media video, sedangkan pada siklus II dengan menambah media Job sheet. (2)Hasil belajar siswa pada pra siklus masih rendah yaitu 16 dari 32 siswa atau 50% yang mencapai nilai KKM 75. Sedangkan pada siklus I, setelah dilaksanakan tindakan kelas dengan menerapkan metode Demonstrasi menggunakan media video, hasil belajar siswa pada pelajaran praktik membuat sulaman pita meningkat dari 16 menjadi 31 siswa atau 96,87% yang mencapai nilai KKM 75. Siklus 1 ini belum mencapai target penelitian maka dilanjutkan ke siklus II dengan penambahan media Job sheet supaya siswa kelas XI BB1 dapat belajar dirumah dengan mudah. Hasil belajar siswa pada siklus II meningkat dari 31 siswa menjadi 32 atau 100% yang mencapai nilai KKM 75. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan Metode demonstrasi dengan penggunaan media video pada pelajaran sulam pita dianggap sangat efektif. Hal ini berarti hipotesis tindakan yaitu penerapan metode demonstrasi menggunakan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI BB1 di SMK Negeri 1 Pandak. Kata Kunci : Metode demonstrasi, media video, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51320

Actions (login required)

View Item View Item