LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 Lokasi : SMA N 1 WATES

Kartika Agustin Pramesti, Kartika Agustin Pramesti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 Lokasi : SMA N 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_KARTIKA AGUSTIN PRAMESTI_13804241056_SMA N 1 WATES.pdf

Download (74MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahun 2016 ini merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016 bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada di kondisi lapangan yang sesungguhnya sehingga mahasiswa memilik pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang professional pada saat memasuki dunia kerja. Lokasi pratikan melaksanakan PPL adalah di SMA Negeri 1 Wates yang beralamatkan di Jl. Terbahsari 01 Wates, Kulon Progo, DIY. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan pada bulan Februari 2016. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dalam praktik mengajar, praktikan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas X IIS 2 dan X IIS 3 pada mata pelajaran ekonomi. Kelas X pada tahun 2016 ini menggunakan kurikulum 2013 revisi. Dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan praktikan mengalami berbagai hambatan seperti suasana kelas yang ramai, banyak siswa yang susah untuk diatur seingga sedikit mengganggu pembelajaran. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara memberikan tugas pada siswa yang ramai dan susah untuk diatur. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan, bahwa dalam pelaksanaan PPL ini di peroleh hasil bahwa siswa - siswi SMA N 1 Wates ini memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar, aktif dalam pembelajaran dan memiliki kedisiplinan yang baik. Kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengatasi hambatan yang muncul dalam setiap pembelajaran yang dilakukan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah. MIA 3 dan XI MIA 5 dengan alokasi waktu dua jam per minggu. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik Ekonomi dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Praktik Prngalaman Lapangan (PPL), Sekolah, ,Mahasiswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51317

Actions (login required)

View Item View Item