LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 WATES

APRIANGGA NORYUDHA, APRIANGGA NORYUDHA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_APRIANGGA NORYUDHA _13406241025_SMA N 1 Wates.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum pengalaman lapangan (PPL) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengasah dan menerapkan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Dalam pelaksanaan PPL diharapkan seluruh mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam kondisi yang nyata, yakni di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PPL, sebelum para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun kedunia kependidikan yang sesungguhnya. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wates yang beralamat di Jalan Terbahsari No. 1, Wates, Kulon Progo, DIY dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Adapun kegiatan utama yang dilakukan selama PPL adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Kegiatan yang dilakukan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Sejarah kelas XI MIA 1 dan XI IIS 2. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal 18 April 2016, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: silabus, RPP, dan soal UH. Kegiatan pembelajaran dilakukan mulai tanggal 21 Juli – 9 September 2016. Namun, selain kegiatan tersebut PPL juga melakukan kegiatan penunjang keprofesian guru seperti turut serta dalam dalam setiap agenda-agenda kegiatan yang dilaksakan oleh guru maupun siswa. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan mengamati permasalahanpermasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Sejarah pada khususnya. PPL secara tidak langsung telah memberikan pengalaman berharga bagi praktikan untuk dapat menjadi guru yang professional, penuh rasa tanggung jawa dan menjadi sarana untuk membiasakan praktikan dengan berbagi permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran sehingga terlatih untuk kritis, berimprovisasi, dan melakukan peningkatan dalam kegiatan pembelajaran. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan kerjasama dengan SMA Negeri 1 Wates, supaya PPL di masa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa, dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMA Negeri 1 Wates, Sejarah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51312

Actions (login required)

View Item View Item