Bayu Widyantoro, Bayu Widyantoro (2016) SEKOLAH DASAR NEGERI 4 WATES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
PENJAS_BAYU WIDYANTORO (13604224015).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016, dari tanggal 18 Juli hingga 15 September. SD Negeri 4 Wates menjadi salah satu lokasi PPL bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) program studi PGSD PENJAS Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan program Universitas Negeri Yogyakarta untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa pada dunia pendidikan yang sesungguhnya, praktik Pengalaman lapangan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa beradaptasi dengan lingkungan pendidikan, berlatih menjadi seorang guru yang sesungguhnya, belajar mengenai situasi mengajar dan bagaimana mengkondisikan siswa dari kelas 1 hingga 6 yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu mengatasi permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan kegiatan belajar-mengajar di sekolah serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan yang telah dikuasai baik teori maupun praktik dari semester 1 hingga 6 yang harapanya dapat di laksanakan dan dikembangkan di sekolah. Pelaksanaan PPL di SD Negeri 4 Wates memberikan beberapa manfaat bagi mahasiswa, diantaranya mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar serta mengenal permasalahan di sekolah, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah terkait, yaitu SD Negeri 4 Wates, Kulon Progo. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL ini adalah mengajar di kelas, mengurus administrasi perpus, uks, dll. Program kerja PPL diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi lembaga. Praktikan menyusun perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lain.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: PPL, SD Negeri 4 Wates , UNY |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 04:14 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51297 |
Actions (login required)
View Item |