LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 PENGASIH

CAHYANI ARUMDANI, CAHYANI ARUMDANI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13802241038_CAHYANI ARUMDANI_P.ADP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang wajib ditempuh bagi setiap mahasiswa Strata 1 (S1) yang mengambil program studi kependidikan. Dengan diadakannya kegiatan PPL yang dilaksanakan secara terpadu ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran. Program PPL akan memberikan pengalaman belajar nyata, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah, sehingga keberadaan program PPL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai tenaga kependidiakan dalam mendukung profesinya. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di lingkungan sekolah, yaitu SMK Negeri 1 Pengasih. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar. Kegiatan PPL dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah administrasi keuangan dan mengampu sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI AP1. Adapun total jam pelajaran yang diampu penulis selama 1 minggu adalah 4 jam pelajaran. Dimana mahasiswa terjun langsung bertatap muka dengan peserta didik di kelas sebagai seorang guru. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya ketika menjadi guru nantinya. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik. Adapun hambatan yang muncul adalah lebih kepada keberadaan referensi buku pedoman dalam pembelajaran yang masih kurang, hal ini dikarenakan belum siapnya buku pedoman pembelajaran Administrasi Keuangan yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan mencari berbagai referensi yang terkait dengan masing-masing kompetensi dasar yang harus dikuasai dalam pembelajaran Administrasi Keuangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, UNY, SMK N 1 PENGASIH
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2017 03:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51282

Actions (login required)

View Item View Item