PENGEMBANGAN SSP MATERI LIMBAH GULA MADUKISMO BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

Dwidjantoro, Muhammad Irma Sunu (2017) PENGEMBANGAN SSP MATERI LIMBAH GULA MADUKISMO BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
3_Abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB II.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_BAB III.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan rendahnya literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan SSP guided inquiry yang dikembangkan dan peningkatan literasi sains peserta didik. Subjek dalam penelitian ini yaitu 30 peserta didik kelas VII B SMP N 2 Kasihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang mengadaptasi dari Thiagarajan & Semmel melalui tiga tahap yaitu: (1) define, (2) design, dan (3) development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi SSP IPA, angket respon LKPD, dan soal literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif berupa saran, komentar dan penskoran dari validator; saran, komentar dan penskoran respon peserta didik terhadap LKPD, serta peningkatan literasi sains dengan menggunakan gain score. Hasil penelitian ini adalah SSP materi limbah gula madukismo berbasis guided inquiry yang dikembangkan layak menurut validator dengan kategori sangat baik pada komponen silabus, RPP dan LKPD; dan soal literasi sains memperoleh kategori baik. Peningkatan literasi sains peserta didik dalam aspek menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 0,9 dengan kategori tinggi, aspek mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah sebesar 0,75 dengan kategori tinggi, dan menginterpretasi data dan bukti ilmiah sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Sedangkan rerata peningkatan literasi sains secara keseluruhan sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Kata kunci: SSP, guided inquiry, literasi sains. The research in based on low of student literacy science. The research aims to know properness developing of SSP guided inquiry and increasing students science literacy. Subject of this research are 30 students in VII B of Kasihan Junior High School. The research uses Research and Development adapted by Thiagarajan & Semmel which consist of three steps, there are: (1) define, (2) design/ and (3) development. Instrument that used in this research are validation sheet of SSP, response questionnaire of worksheet, and written test of science literacy. The data was analyzed by qualitative analyze to collecting comments and suggestions for improvements of the validator, descriptive statistic and gain score to obtain score of science literacy. The result show that developed SSP using guided inquiry approach theme of “waste sugar in Madukismo” which feasible to be used in science learning process with excellent category based on validators such as syllabus, lesson plan, and worksheet; and good category obtainable on test of science literacy. The student science literacy seen by three aspect has increase by 0,9 included high category in explain phenomena scientifically, 0,75 in included high category in evaluate and design scientific enquiry, and has increase 0,6 included medium category in interpret data and evidence scientifically. Based on all aspect of science literacy has increasing by 0,6 included medium category in average.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SSP, Guided Inquiry, Scientific Literacy.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51281

Actions (login required)

View Item View Item