LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Hannita Vitriandani, Hannita Vitriandani (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13802241018_HANNITA VITRIANDANI_PEND ADP.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki sebuah program yang ditujukan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan yaitu program praktik pengalaman Lapangan (PPL). Salah satu misi yang dimiliki UNY yaitu menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Untuk menyiapkan tenaga kependidikan tersebut UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan menjadi tenaga pendidik.Program PPL merupakan program yang harus ditempuh oleh mahasiswa karena menjadi salah satu syarat untuk menempuh gelar sarjana kependidikan selain tugas akhir. Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa dengan diawali dengan observasi ke lapangan, sehingga mengetahui kondisi yang ada di sekolah khususnya di SMK N 1 Pengasih, Kulon Progo. Setelah mengetahui keadaan sekolah berdasarkan data yang telah terkumpul, disusunlah program kerja yang dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan PPL berdasarkan skala prioritas, kebutuhan, dan waktu. Praktik mengajar dilakukan untuk melatih ketrampilan dan kemampuan mahasiswa dalam mengajar, berdasarkan bekal dan persiapan yang telah dilakukan. Pelaksanaan program PPL berlangsung berdasarkan rencana yang telah dibuat dan menerapkan ilmu berdasarkan pembelajaran mikro. Pada kegiatan PPL, mahasiswa menerapkan langkah-langkah dalam mengajar dan berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 s.d 15 September 2016. Mahasiswa praktik mengajar 6 kelas yaitu kelas X Administrasi Perkantoran 1 (Jumat jam ke 5-6) dan X Administrasi Perkantoran 2 (Rabu jam ke 1- 2), XI Administrasi Perkantoran 1 (Selasa jam ke 5-6) dan XI Administrasi Perkantoran 2 (Jumat jam ke 1-2) serta XI Akuntansi 1 (Selasa jam ke 8-9) dan XI Akuntansi 2 (Kamis jam ke 5-6) dengan mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Materi pokok yang diajarkan pada kelas X adalah hakekat administrasi perkantoran, pengertian administrasi, pengertian kantor, pengertian administrasi perkantoran, unsur-unsur administrasi perkantoran, ruang lingkup administrasi perkantoran, tujuan administrasi perkantoran, karakteristik administrasi perkantoran meliputi bersifat pelayanan, bersifat terbuka dan luas serta dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi, azas-azas manajemen administrasi perkantoran. Sedangkan untuk kelas XI ialah menentukan urutan prioritas dan evaluasi penggunaan waktu Meskipun hanya dua bulan, mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperolah di bangku perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas, dan merasakan menjadi guru. Dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, UNY, SMK N 1 Pengasih
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2017 03:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51279

Actions (login required)

View Item View Item