PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA VIRTUAL LABORATORY BERBASIS ADOBE FLASH CS4 PADA MATERI ALAT OPTIK BERPENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA KELAS VIII SMP

Rahmah, Fatikha (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA VIRTUAL LABORATORY BERBASIS ADOBE FLASH CS4 PADA MATERI ALAT OPTIK BERPENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan virtual lab berpendekatan inkuiri pada materi alat optik dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa ditinjau berdasarkan aspek materi, aspek pembelajaran, aspek rekayasa perangkat lunak dan aspek komunikasi visul, (2) mengetahui kemampuan analisis siswa setelah menggunakan virtual laboratory pada materi alat optik, (3) Mengetahui respon siswa terhadap produk virtual Laboratory pada materi alat optik berpendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau R&D dengan model 4-D dengan tahapan define, design, develop,dan disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket validasi produk, lembar angket keterlaksanaan pendekatan inkuiri, lembar observasi kemampuan berpikir analisis, soal pretest dan postest kemampuan berpikir analisis serta angket respon siswa. Penelitian di lakukan di SMP I 9 Al-Azhar Yogyakarta dengan sampel siswa kelas VIIIC sebanyak 25 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif, untuk peningkatan kemampuan berpikir analisis dilakukan dengan gain score. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) virtual laboratory IPA pada materi Alat Optik berpendekatan inkuiri dinyatakan layak oleh validator dosen dan guru IPA dengan kategori sangat baik (A); (2) peningkatan kemampuan berpikir analisis siswa setelah menggunakan media pembelajaran virtual laboratory meningkat dengan gain score sebesar 0.60, (3) respon peserta didik terhadap virtual laboratory IPA adalah Baik, dengan nilai (B). Kata kunci: Virtual Laboratory, Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berpikir Analisis. The aims of this study are: (1) investigate the eligibity of virtual laboratory with inquiry approach in optikal term for improve analytical thinking of eighth grade junior high school students based on content aspect, graphic aspect, display aspect dan language aspect, (2) investigate student analythical ablity after used virtual laboratory in optikal term, (3) investigate students respons toward virtual laboratory in optikal term with inquiry approach for analythical thinking ability improve of eighth grade junior high school. This study is R&D with 4-D models with define, design, develop and disseminate stages. The instrumens use in this study are product validation questionnaire, inquiry implementation questionnaire, analythical thinking ablitiy observation questionnaire, analythical thinking ablitiy pretest and posttest question and students respon quisionnaire. This study was conducted in SMP I 9 Al-Azhar Yogyakarta with VIIIC class as a sampke as many 25 students. Data analysis technique used qualitative and qualitative analysis, for improvement of analythical thinking ability done with gain score. The result show that: (1) Science virtual laboratory in optikal term with inquiry approach is feasible by lecturer validator and science teacher validator with very good category (A); (2) analytical thinking ability improved after using virtual laboratory with gain score of 0.60, (3) students response to science virtual laboratory is good with (B) value.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory, Inquiry approach, Analythical Thinking
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51278

Actions (login required)

View Item View Item