LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Mujib Kuadi Falentino, Mujib Kuadi Falentino (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13601244016_MUJIB KUADI FALENTINO_PJKR.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah dengan bobot 3 SKS yang wajib ditempuh oleh Mahasiswa UNY. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK N 1 Pengasih, Jl Kawijo No. 11 Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, D.I.Yogyakarta. Tujuan dari program PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan yang profesional di dalam bidangnya. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli - 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada Kompetensi Keahlian sesuai dengan jurusan masing-masing. Selain itu, mahasiswa juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket (KBM), pendampingan kegiatan ekstrakurikuler, pendampingan kegiatan OSIS, LDK, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional ketika telah menyelesaikan program studi perkuliahan. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMK N 1 Pengasih ini menghasilkan banyak pertemuan dengan siswa kelas X Akuntansi 1 dan 2, XI Akuntansi 2, dan XII Akomodasi Perhotelan, Administrasi Perkantoran 1 dan 2 yang mana kelas-kelas tersebut sebagai media praktik pengalaman lapangan (PPL), dalam setiap kelas ada kurang lebih 6-8 kali pertemuan selama 2 bulan PPL adapun hasil yang dirasakan oleh mahasiswa berupa pengalaman menghadapi karakter, sifat, tingkah laku, kebiasaan siswa yang berbeda-beda penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan olahraga yang diperoleh di bangku perkuliahan sangat bermanfaat ketika saat PPL. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 1 Pengasih.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2017 03:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51275

Actions (login required)

View Item View Item