PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MELALUI KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN BAHAN ALAM DI KELOMPOK A TK ABA DEKSO, BANJARARUM, KALIBAWANG, KULON PROGO

Ayunda, Maharani (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MELALUI KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN BAHAN ALAM DI KELOMPOK A TK ABA DEKSO, BANJARARUM, KALIBAWANG, KULON PROGO. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Ayunda Maharani_13111241027_PG PAUD_FIP_UNY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam di Kelompok A TK ABA Dekso, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak usia TK A yang masih kesulitan dalam mengenal pola. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis & Taggart dan dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua anak Kelompok A TK ABA Dekso yang berjumlah 26 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal pola melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase pada setiap indikator yang dinilai. Pada indikator memperkirakan urutan berikutnya pola (AB-AB) berdasarkan: a) kriteria warna pra siklus adalah 44,56%, Siklus I 86,95%, dan Siklus II 95,45%, b) kriteria bentuk pra siklus adalah 46%, Siklus I 89,77%, dan Siklus II 98,5%, c) kriteria ukuran pra siklus adalah 41%, Siklus I 75%, dan Siklus II 91,67%. Pada indikator memperkirakan urutan berikutnya pola (ABC-ABC) berdasarkan: a) kriteria warna pra siklus adalah 39,13%, Siklus I 59,09%, dan Siklus II 89,13%, b) kriteria bentuk pra siklus adalah 41,30%, Siklus I 62,5%, dan Siklus II 90,27%, c) kriteria ukuran pra siklus adalah 36,45%, Siklus I 55,43%, dan Siklus II 88,15%. Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran sebagai berikut: peneliti mempersiapkan alat dan bahan meronce. Selanjutnya, guru mendemonstrasikan kegiatan meronce dengan cara mengelompokkan bahan alam sesuai kriteria yang sama, kemudian bahan alam dironce berdasarkan urutan pola tertentu. Dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola Kelompok A TK ABA Dekso. Kata kunci: mengenal pola, meronce bahan alam, anak kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:37
Last Modified: 28 Jul 2017 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51265

Actions (login required)

View Item View Item