PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY IPA BERPENDEKATAN GUIDED INQUIRY MATERI GERAK PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Utami, Maryunia Siwi (2017) PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY IPA BERPENDEKATAN GUIDED INQUIRY MATERI GERAK PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan virtual laboratory IPA berpendekatan guided inquiry materi “Gerak Pada Tumbuhan” yang layak menurut ahli dan guru IPA, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran virtual laboratory IPA berpendekatan guided inquiry materi “Gerak pada Tumbuhan” yang dikembangkan, (3) mengetahui berapa besar peningkatan kemampuan berpikir analisis peserta didik setelah menggunakan virtual laboratory IPA berpendekatan guided inquiry materi “Gerak pada Tumbuhan”. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) 4-D mengadaptasi desain pengembangan Thiagarajan dengan empat tahapan utama: define, design, develop, disseminate. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas VIII-B SMP N 2 Ngaglik semester II tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi media virtual laboratory, angket respon peserta didik terhadap media virtual laboratory, lembar observasi keterlaksanaan guided inquiry, lembar observasi kemampuan berpikir analisis, soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya adalah dengan mencari rerata skor, konversi skor menjadi nilai skala empat, menghitung persentase, dan dengan gain score ternormalisasi. Hasil penelitian ini adalah (1) virtual laboratory IPA berpendekatan guided inquiry materi “Gerak Pada Tumbuhan” yang telah dikembangkan layak digunakan untuk media pembelajaran dengan nilai kelayakan A, dan kategori sangat baik berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru (2) Media virtual laboratory IPA berpendekatan guided inquiry materi “Gerak Pada Tumbuhan” mendapat rerata score respon peserta didik sebesar 3,77 dan nilai A, dengan kategori sangat baik (3) Media virtual laboratory IPA berpendekatan guided inquiry materi “Gerak Pada Tumbuhan” dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik dengan kategori sedang melalui perhitungan menggunakan gain score ternormalisasi sebesar 0,59. Kata kunci: kemampuan berpikir analisis, virtual laboratory The purposes of the research are to: (1) produce science virtual laboratory within guided inquiry approach in theme “plant movement” that valid according to experts and practicioner, (2) find out student’s response toward the virtual laboratory within guided inquiry approach in theme “plant movement” that developed, (3) find out how much improvement of student’s analytical thinking skill after used virtual laboratory within guided inquiry approach in theme “plant movement”. Design of research as Research and Development (R&D) 4-D uses research design by Thiagarajan which consists of 4 main steps: define, design, develop, and disseminate. Subjects of research are 32 students of grade VIII-B Ngaglik 2 Junior High School on 2016/2017 year of school. The instrument used are validation form of virtual laboratory, student’s questionnaire response for virtual laboratory, observation sheet of guided inquiry learning, observation sheet of the analytical thingking skills, pretest and posttest questions. Data analysis techniques that used in this research are data analysis, with average score, four point likert scale conversion, percentage calculation, and normalized gain score. The results are: (1) Virtual laboratory are categorized as very good, with A grade according to experts and practicioner, (2) Student’s response toward the virtual laboratory within guided inquiry approach in theme “plant movement” that developed are very good with average score of 3,77 and A grade, (3) virtual laboratory within guided inquiry approach in theme “plant movement” can improve student’s analytical thingking skills with “average” category, it showed by 0,59 normalized gain score.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analytical thingking skills, virtual laboratory
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51262

Actions (login required)

View Item View Item