MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP LEBIH BANYAK, KURANG DARI, SAMA, TIDAK SAMA MENGGUNAKAN BENDA KONKRET DI KELOMPOK A2 TK ABA GENDINGAN

Suaditya, Amoria Suci (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP LEBIH BANYAK, KURANG DARI, SAMA, TIDAK SAMA MENGGUNAKAN BENDA KONKRET DI KELOMPOK A2 TK ABA GENDINGAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Suaditya Amoria Suci_13111241013_PG PAUD_FIP_UNY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep lebih banyak, kurang dari, sama, dan tidak sama menggunakan benda konkret di kelompok A2 TK ABA Gendingan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan mengenal konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama, dan tidak sama masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Taggart dan dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK ABA Gendingan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 13 anak dengan 7 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep lebih banyak, kurang dari, sama, dan tidak sama. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada indikator “sama” saat pra siklus yaitu 47,1%, saat Siklus I yaitu 70,15%, dan pada Siklus II meningkat menjadi sangat tinggi yaitu 92,58%. Indikator “tidak sama” saat pra siklus yaitu 46,1%, saat siklus I yaitu meningkat menjadi 69,65%, dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 93,53%. Indikator “lebih banyak” saat pra Siklus yaitu 43,2%, saat Siklus I yaitu meningkat menjadi 69,65%, dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 91,3%. Indikator “lebih sedikit” saat pra Siklus yaitu 44,2%, saat Siklus I yaitu meningkat menjadi 72,55%, dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 90,36%. Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran yaitu: 1). menghitung dua kelompok benda, 2). menentukan benda yang memiliki jumlah sama, tidak sama, lebih banyak, lebih sedikit. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan benda konkret dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama, dan tidak sama di kelompok A2 TK ABA Gendingan. Kata kunci: mengenal konsep lebih banyak lebih sedikit sama tidaksama, benda konkret

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:33
Last Modified: 30 Jan 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51260

Actions (login required)

View Item View Item