PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Amanullah, Mochamad Rizal (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Learning Cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep peserta didik ditinjau dari penilaian dari dosen ahli dan guru; (2) respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Learning Cycle 7E dalam meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep; (3) tingkat/pencapaian keterampilan proses peserta didik yang belajar dengan menggunakan LKPD berbasis Learning Cycle 7E; (4) tingkat/pencapaian pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan menggunakan LKPD berbasis Learning Cycle 7E. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Produk ini telah diujicobakan kepada 32 peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Mlati. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, lembar observasi keterampilan proses peserta didik dan soal pretest dan postest. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif yaitu melakukan perbaikan berdasarkan saran dan komentar validator maupun pembimbing. Analisis data secara kuantitatif dilakukan dengan perhitungan persentase keterlaksanaan pembelajaran, persentase penguasaan kemampuan dan ketercapaian peningkatan pemahaman menggunakan gain score. Hasil penelitian diperoleh (1) Kelayakan LKPD berbasis Learning Cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep peserta didik ditinjau dari aspek didaktik atau isi/materi, aspek konstruksi, dan aspek teknis mendapat skor 60,5 dengan kategori sangat baik (A) menurut dosen ahli, dan mendapatkan skor sebesar 61 dengan kategori sangat baik (A) oleh guru IPA; (2) Respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Learning Cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep peserta didik melalui angket mendapat rerata skor 24,6 dengan kategori sangat baik (A); (3) LKPD berbasis Learning Cycle 7E dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik, persentase keterampilan proses peserta didik pada pertemuan pertama sebesar 46,1% dengan kategori sangat kurang, pertemuan ke dua sebesar 67,5% dengan kategori cukup, dan pertemuan terakhir sebesar 87,1% dengan kategori baik; (4) LKPD berbasis Learning Cycle 7E dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik termasuk kategori tinggi dengan nilai gain score sebesar 0,73. Kata kunci: Keterampilan Proses, Learning Cycle 7E, LKPD, Pemahaman Konsep, Pemanasan Global This research aims to know (1) the advisibility of student worksheet based Learning Cycle 7E to increasing process skill and concept understanding learners based on assesmenst of lecture experts and teacher; (2) the respon of the student to student worksheet based Learning Cycle 7E to increasing process skill and concept understanding; (3) the level /the achievement of process skill’s student using student worksheet based Learning Cycle 7E; (4) the level /the achievement of concept understanding student using student worksheet based Learning Cycle 7E. This research R & D with the 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). This produk has been tested to 32 student class VII B SMP N 1 Mlati. The instrumen used in this research is the validator student worksheet, learning observation sheet, questionnaires response student, process skill observation sheet, and questions prestest and postest. Techniques analysis using qualitative analysis and quantitative analysis. Qualitative analysis is doing revisi based comment, and suggestions from validator or lecture. Quantitative analysis with the calculation of the percentage of learning, percentage of process skill’s, and its achievement understanding improvment using the gain score. The research result obtainde (1) Decency student worksheet based Learning Cycle 7E to increase process skill and concept understanding learners gained 60,5 score with vey good category (A) from lecture expert, and gained 61 score with very good category (A) from science teacher; (2) The response student for student worksheet based-Learning Cycle 7E to increase process skill and concept understanding student through questionnaires get 23,4 score with very good category (A); (3) Student worksheet based Learning Cycle 7E can increase the process skill’s in the first meet get 46,1% with very poor category, second meet get 67,5% with enough category, and the last meet get 87,1% with good category; (4) Student worksheet based Learning Cycle 7E can increase the concept understanding student including high category with the value of he gains score of 0,73.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Concept Understanding, Global warming, Process skill’s, Student Worksheet
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51259

Actions (login required)

View Item View Item