Fathurohman, Muhamad (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKPD IPA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
Abstrak Muh Fathurohman.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar LKPD IPA berbasis pendekatan kontekstual guna meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define, Design, Devlop dan Disseminate). Pada tahap define (pendefinisian) dilakukan dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Pada tahap design (perancangan) dilakukan penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format,dan rancangan produk awal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar validasi LKPD IPA, lembar keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA, soal pretest dan posttest kemampuan berpikir analisis peserta didik. Tahap develop (pengembangan) meliputi tahap peninjauan oleh dosen pembimbing, penilaian ahli (validasi oleh dosen ahli dan guru IPA), dan uji coba produk. Bahan ajar LKPD IPA yang telah divalidasi kemudian dilakukan uji coba produk di kelas VIII A MTs Salafiyah Wustho Hamalatul Qur’an dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 anak. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif berupa uraian komentar dan saran dari validator sedangkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan perhitungan peningkatan kemampuan berpikir analisis peserta didik menggunakan gain skor, perhitungan pengaruh bahan ajar LKPD berbasis pendekatan kontekstual terhadap peningkatan kemampuan berpikir analisis menggunakan uji t test dan perhitungan skor yang diperoleh dari hasil validasi dan respon peserta didik terhadap bahan ajar LKPD IPA yang dikembangkan. Pada tahap disseminate (penyebaran) hanya dilakukan secara terbatas, karena ranah penelitian R & D sangat luas. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar LKPD IPA berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian validasi LKPD IPA yang memperoleh skor dengan kategori sangat baik (A) dan perolehan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari pada ½ α = 0,025 yang menunjukkan bahwa dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik secara signifikan. Kata kunci: bahan ajar, LKPD IPA, pendekatan kontekstual, kemampuan berpikir analisis The purpose of this research is to produce of science student worksheet teaching materials based on contextual teaching and learning to improve analytical thinking ability of students. This research is categorized as R&D with 4D models ((Define, Design, Develop, and Disseminate). In the define stage (definition) is done by initial analysis, learner analysis, task analysis, concept analysis, and formulation of learning objectivities. In the design stage (designing) are composing instruments, selecting media, selecting format, and preliminary design. Instruments used in this research are validation science student worksheet sheet, learning observation based on contextual teaching and learning sheet, questionnaire response students to science student worksheet developed, analytical thinking skills pretest and posttest. In the develop stage (development) covers the stage of consideration by consultants, assesment expert (validation expert lecturers and science teachers), and trial product. Science student worksheet teaching materials which has been validated then is used to test the product in VIII A MTs Salafiyah Wustho Hamalatul Qur’an with 31 students. Data analysis techniques were qualitative and quantitative data analysis. Qualitative data analysis are comment and suggestions from validators, while quantitative data analysis use the result of improvement of analytical thinking skills with gain score and t test, and the score of validation and the score analysis of student’s responses to science student worksheet developed. In the dessiminate stage (dessimination) is only done to limited extend, because the reasearch realism of R&D very broad. The result of this research is science student worksheet teaching materials based on contextual teaching and learning is revealed decent with the results of validation with categories very well (A) and the result of sig (2-tailed) was 0,000 smaller than ½ α = 0,025 it was showed that can to improve analytical thinking ability of students significantly.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teaching materials, science student worksheet, contextual teaching learning, analytical thinking skills |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 01:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51256 |
Actions (login required)
View Item |