DESKRIPSI KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB/TK PEDAGOGIA

Suci, Lukitasari (2017) DESKRIPSI KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB/TK PEDAGOGIA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Suci Lukitasari_13111241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kedisiplinan anak di KB/TK Pedagogia, (2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembiasaaan kedisiplinan anak di KB/TK Pedagogia, (3) mengetahui solusi untuk mengatasi faktor penghambat kedisiplinan di KB/TK Pedagogia, (4) mengetahui pembiasaan kedisiplinan anak di KB/TK Pedagogia, (5) mendeskripsikan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di KB/TK Pedagogia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun dengan kriteria ke dua orang tua anak bekerja dan pendidikan ke dua orang tua minimal S1 yang berjumlah tujuh anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kedisiplinan anak di KB/TK Pedagogia adalah konsistensi, pijakan, reward dan punishment, pemahaman anak akan peraturan, pendidikan orang tua, status sosial ekonomi, dan keluarga. Faktor pendukung pembiasaan kedisiplinan anak di KB/TK Pedagogia adalah hukuman, sedangkan faktor penghambat pembiasaan kedisiplinan adalah konsistensi. Faktor penghambat diatasi dengan parenting, support group media sosial oleh guru, dan komunikasi secara langsung dengan orang tua. Pembiasaan disiplin di KB/TK Pedagogia adalah disiplin demokratis dilakukan dengan membuat kesepakatan dan disiplin otoriter apabila menyangkut keselamatan anak. Anak-anak di TK/KB Pedagogia sudah memahami peraturan dan tata tertib karena anak ikut serta dalam membuat kesepakatan. Hal tersebut membuat anak-anak di KB/TK Pedagogia memiliki kedisiplinan yang dapat dikatakan sudah baik, namun terdapat satu anak yang pasif dalam berkegiatan karena kurang percaya diri. Kata kunci: disiplinan, pembiasaan, faktor disiplin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51252

Actions (login required)

View Item View Item