Pera Roganda Sinaga, Pera Roganda Sinaga (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PIUS X KOTA MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Catatan Mingguan.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
DOKUMENTASI.pdf Download (739kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
Kata pengantar.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
Matriks.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, (2) memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga, baik terikat atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan, (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kegiatan nyata di sekolah, atau lembaga pendidikan, (4) memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, (5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Kegiatan PPL dilaksanakan secara beberapa tahap mulai dari observasi sekolah, micro teaching, pelaksanaan PPL di sekolah dan penyusunan laporan. Dalam praktik mengajar mahasiswa mengampu mata pelajaran Melaksanakan Pemeliharaan Kecil dan Membuat Busana Wanita X BB, dan mata pelajaran Menggambar Busana (Fashion Drawing) XI Busana Butik. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kurikulum yang digunakan adalah kurikulum KTSP. Praktik mengajar di dalam kelas dilakukan secara terbimbing, artinya dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru pembimbing mendampingi atau memberikan pengawasan dan evaluasi. Kesimpulan dari kegiatan PPL adalah (1) PPL merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya kedalam praktik keguruan atau praktik kependidikan, (2) PPL sebagai sarana untuk menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan professional, (3) PPL menjadikan mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab sekolah secara nyata.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: PPL, Tujuan dan Kesimpulan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 02:04 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51251 |
Actions (login required)
View Item |