PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI ALAT UKUR PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

Mijil Ari, Setiawan (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI ALAT UKUR PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Mijil Ari Setiawan_13504241007.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada kompetensi alat ukur pada program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 sedayu melalui penerapan metode pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus karena telah mencapai indikator keberhasilan tindakan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih yaitu Memahami penggunaan alat ukur elektrik/elektronik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keaktifan belajar siswa dan test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penghentian siklus berdasarkan indikator keberhasilan penelitian sebesar lebih dari 75% keaktifan positif, kurang dari 20% kaeaktifan negatif dan 85% mencapai KKM 75,00. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada kompetensi memahami penggunaan alat ukur elektrik/elektronik Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas positif sebesar 32% dari siklus I ke siklus II. Aktivitas positif pada siklus I sebesar 47% sedangkan pada siklus II sebesar 79%. Sedangkan aktivitas negatif turun 11% dimana pada siklus I sebesar 12% sedangkan pada siklus II sebesar 1%. Peningkatan rata-rata nilai kelas sebesar 7,5 dimana pada siklus I sebesar 82,5 meningkat menjadi 90,0 dan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 12,5% dimana pada siklus I sebesar 87,5% dan siklus II sebesar 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Lilik Chaerul Yuswono, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Team Game Tournament (TGT), Keaktifan, hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Jul 2017 02:34
Last Modified: 30 Jan 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51250

Actions (login required)

View Item View Item