LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PIUS X MAGELANG

DARA YUSIANA SARI, DARA YUSIANA SARI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PIUS X MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DARA YUSIANA S (15511247009).pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Program PPL/ Magang III adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Magang III yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. PPL/ Magang III merupakan pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional. Kegiatan yang termasuk lingkup PPL/ Magang III diarahkan ke pelatihan pengalaman profesionalisme pembelajaran. PPL/ Magang III bertujuan untuk mengabdikan sebagian kompetensi mahasiswa untuk membantu lebih memberdayakan masyarakat sekolah demi tercapainya keluaran sekolah yang lebih berkualitas dan melatih kemampuan profesionalisme mengajar mahasiswa secara konkret. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di SMK Pius X Magelang yang terletak di Kota Magelang. Program PPL di SMK Pius X Magelang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Langkah awal yang harus dilakukan mahasiswa adalah observasi langsung ke sekolah untuk melakukan identifikasi kondisi awal yang ada dan dimiliki masyarakat sekolah. Mengamati berbagai hal yang berkaitan dengan persekolahan yang langsung atau tidak langsung berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, baik yang berupa sumber daya manusia maupun yang lain termasuk program-program yang ada. Kemudian dilaksanakan kegiatan mengajar di kampus bersama dosen micro teaching dan para mahasiswa lain dalam rangka persiapan praktik mengajar di sekolah. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung mahasiswa dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Mahasiswa juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, doa pagi, briefing dan lainlain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan praktik mengajar di sekolah diharapkan mahasiswa mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.Mahasiswa datang ke sekolah bukan sebagai penyandang dana, tetapi lebih sebagai fasilitator, motivator, dan inovator. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa selama PPL, tetapi juga dapat melakukan transfer of value, karena sedikit banyak mahasiswa dapat berperan dan mengisi kekosongan yang ada pada sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Keyword : PPL UNY 2016, SMK PIUS X MAGELANG
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51242

Actions (login required)

View Item View Item