LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIUS X KOTA MAGELANG

Agita Siwi Nastiti, Agita Siwi Nastiti (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIUS X KOTA MAGELANG. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
AGITA SIWI NASTITI (15513247001).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah sistem dasar dalam proses melakukan pencerdasan bangsa, dan juga sebagai sarana untuk memberikan hak-hak bagi warga negara informasi, ilmu pengetahuan, dan segala perkembangan yang terjadi di era globalisasi seperti sekarang ini. Pendidikan sendiri memerlukan sebuah sistem pendidikan yang benar-benar ideal dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang dituangkan dalam UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003. Kegiatan ini bertujuan untuk 1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan majerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengambangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, 2) memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga, baik terikat atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan, 3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kegiatan nyata di sekolah, atau lembaga pendidikan, 4) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Kegiatan PPL dilaksanakan secara beberapa tahap mulai dari observasi sekolah, micro teaching, pelaksanaan PPL di sekolah dan penyusunan laporan. Dalam prakatik mengajar praktikan mengampu mata pelajaran Menggambar Busana di kelas X Busana Butik dan mata pelajaran Pola di kelas XI Busana Butik. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, metode yang digunakan adalah brainstorming, ceramah, latihan soal, diskusi dan tanya jawab.. Kesimpulan dari kegiatan PPL adalah (1 PPL merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya kedalam praktik keguruan atau praktik kependidikan, (2 PPL sebagai sarana untuk menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan professional, (3 PPL menjadikan mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab sekolah secara nyata.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL UNY 2016, Tujuan dan Kesimpulan.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:08
Last Modified: 27 Jul 2017 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51239

Actions (login required)

View Item View Item