PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP

Herowati, Dewi Kurnia (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan jigsaw pada pembelajaran IPA berbasis masalah terhadap kemampuan kerjasama peserta didik SMP, (2) mengetahui perbedaan yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan jigsaw pada pembelajaran IPA berbasis masalah terhadap pemahaman konsep peserta didik, dan (3)mengetahui perbedaan yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan jigsaw pada pembelajaran IPA berbasis masalah terhadap kerjasama dan pemahaman konsep peserta didik SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu . Populasi dalam penelitian ini meliputi peserta didik kelas VIII SMP N 3 Depok tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara teknik purposive sampling, dengan mencari kelas yang mempunyai tingkat kognitif yang setara. Sampel yang digunakan meliputi kelas VIII A menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dan kelas VIII B menggunakan model kooperatif tipe group investigation. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kemampuan kerjasama dan soal tes pemahaman konsep. Analisis data menggunakan uji t. Pada hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis independent sample t-tes, sedangkan hipotesis ketiga dianalisis menggunakan analisis varians multivariat (Manova). Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan jigsaw pada pembelajaran IPA berbasis masalah terhadap kemampuan kerjasama peserta didik SMP. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai Sig sebesar 0,049< 0,05; (2) terdapat perbedaan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan jigsaw pada pembelajaran IPA berbasis masalah terhadap pemahaman konsep peserta didik SMP. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai Sig. sebesar 0,030< 0,05; (3) terdapat perbedaan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan jigsaw pada pembelajaran IPA berbasis masalah terhadap kemampuan kerjasama dan pemahaman konsep peserta didik SMP. Nilai signifikansi pada uji manova adalah 0,035 untuk kemampuan peserta didik dan 0,000 untuk pemahaman konsep peserta didik. Kata kunci : Group investigation, jigsaw, kemampuan kerjasama, pemahaman konsep The purpose of the research are: (1) to find out differences in the use of cooperative learning model type group investigation and jigsaw on problem-based learning science on the ability of the cooperation of state junior high school student , (2) determine differences in the use of cooperative learning model type group investigation and jigsaw on problem-based learning science to the understanding of the concept of state junior high school student, and (3) determine differences in the use of cooperative learning model type group investigation and jigsaw on problem-based learning science towards cooperation and understanding of the concept of junior learners. This type of research used a quasy experimental. The population of the research was the student of Grade VIII Depok StateJunior High School 3 academic year 2016/2017. The Sample consisted of two classes, that were class VIII A using cooperative model type jigsaw and VIII B using the cooperative model type group investigation. The data collection instrument uses a questionnaire of cooperation skills and concept comprehension test questions. Data analysis using t test. In the first and second hypothesis using analysis of independent sample t-test, while the third hypothesis was analyzed using multivariate analysis of variance (Manova). The results of the data analysis are: (1) there is a difference in the use of cooperative learning model type group investigation and jigsaw on problem-based learning science to junior high ability learners cooperation in the student of grade VIII Depok StateJunior High School 3. This is evidenced by the result of t test showing that the value of Sig. (2-tailed) is 0.048 <0.05; (2) there is a difference in the use of cooperative learning model type group investigation and jigsaw on problem-based learning science to the understanding of the concept of junior high school learners in SMPN 3 Depok. This is evidenced by the result of t test showing that the value of Sig. (2-tailed) is 0.030 <0.05; (3) there are differences in the use of cooperative learning model type group investigation and jigsaw on problem-based learning science in the ability of the cooperation and understanding of the concept of junior high school learners in SMPN 3 Depok. The significance value of the manova test was 0.035 for the learners' ability and 0.000 for understanding the concept of the learner.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Group investigation, jigsaw, ability of cooperation, concept comprehension
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51223

Actions (login required)

View Item View Item