PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN PERMAINAN BOLA TANGAN MELALUI MODIFIKASI ALAT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL

Bomantara, Aditya (2017) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN PERMAINAN BOLA TANGAN MELALUI MODIFIKASI ALAT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Aditya Bomantara (13601241108).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kurangnya bentuk variasi permainan bola tangan yang diberikan sebagai materi di Sekolah Menengah Pertama membuat permainan bola tangan menjadi kurang menarik bagi siswa. Padahal apabila permainan bola tangan dikemas dalam bentuk berbeda akan menambah antusias siswa dalam mengikuti pembeajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pengembangan pembelajaran penjas melalui permainan bola tangan simpai untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Playen Kabupaten Gunungkidul dalam mata pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Playen, Gunungkidul. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif berbentuk persentase. Hasil penelitian dengan instrumen lembar kuesioner siswa dalam 3 aspek, didapat persentase rata-rata aspek kognitif 85,7% dikategorikan sangat layak, persentase aspek afektif 92,18% dikategorikan sangat layak, dan persentase aspek psikomotor 80,6% dikategorikan sangat layak. Dengan hasil yang didapat tersebut, menunjukkan bahwa model permainan bola tangan simpai sangat layak dimainkan dan digunakan untuk penyampaian materi dalam pembelajaran penjas untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Playen, Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model permainan, bola tangan simpai.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2017 02:29
Last Modified: 31 Jul 2017 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51219

Actions (login required)

View Item View Item