PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP/MTs

Rahmawati, Siti (2017) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP/MTs. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKPD IPA berbasis Problem Based Learning sebagai bahan ajar yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan LKPD IPA berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan. Adapun tahap-tahap penelitian ini adalah pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Mlati. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi kelayakan LKPD IPA oleh dosen ahli dan guru IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran Problem Based Learning, lembar observasi keterampilan berpikir kritis, dan pretest-posttest keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data kelayakan LKPD IPA adalah konversi skor kuantitatif menjadi kualitatif skala lima, teknik analisis data keterlaksanaan pembelajaran Problem Based Learning adalah perhitungan persentase, teknik analisis data observasi berpikir kritis adalah perhitungan persentase, dan teknik analisis data skor pretest-posttest adalah perhitungan gain score. Hasil penelitian ini yaitu (1) LKPD IPA berbasis Problem Based Learning tema Pemanasan Global untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dinyatakan layak oleh dosen ahli dan guru IPA dengan kategori sangat baik (A) dan (2) penguasaan keterampilan berpikir kritis melalui observasi yaitu pertemuan 1 dengan kategori cukup, pertemuan 2 dengan kategori sangat baik, dan pertemuan 3 dengan kategori sangat baik sedangkan melalui tes dengan kategori sedang. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, LKPD IPA, Model Problem Based Learning The aims of this research are to (1) develop science student worksheet based on Problem Based Learning as teaching material according university level instructor expert and natural science teacher and (2) to know the increase of critical thinking skill by using science student worksheet. This research is categorized as research and development using 4D model adapted from Thiagarajan. Stages of the research are Define, Design, Develop, and Disseminate. This subjects in this research are 27 students in class VII A of SMP N 1 Mlati. Instrument used in this research are validation sheet of science student worksheet to expert lecture and science teachers, observation sheet of Problem Based Learning implementation, observation sheet of critical thinking skills, and pretest-posttest of critical thinking skills. Technique of data analysis validity science student worksheet use convertion score quantitative to qualitative five scale, technique of data analysis Problem Based Learning implementation use percentage score, technique of data analysis observation critical thinking skills use percentage score, and technique of data analysis score pretest-posttest of critical thinking skills use gain score. The result of this research are (1) science student worksheet based on Problem Based Learning on the theme Global Warming to increase critical thinking skills archieved by university level instructor expert and natural science teacher with a “excellent” (A) category and (2) the increase of critical thinking using observation by enough category, in the second meeting by excellent category, and in the third meeting by excellent category while using pretest-posttest with gain score which is medium category.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Critical thinking skills, Problem based learning model, Science student worksheet
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 14:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51214

Actions (login required)

View Item View Item