PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) DENGAN ADOBE FLASH CS5 PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

SEPTIANA, ZALSAGIANT (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) DENGAN ADOBE FLASH CS5 PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPS_ZALSAGIANT SEPTIANA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif Computer Based Instruction (CBI) dengan aplikasi Adobe Flash pada materi konsep dasar kewirausahaan untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta dan 2) Mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif Computer Based Instruction (CBI). Penilaian kelayakan dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran kewirausahaan (dosen) dan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis,Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun hanya dilaksanakan hingga tahap Implementation. Subjek penelitian ini adalah tiga orang ahli media, tiga orang ahli materi, praktisi pembelajaran kewirausahaan, dan mahasiswa, sedangkan objek penelitian ini adalah kelayakan multimedia pembelajaran Computer Based Instruction (CBI) sebagai multimedia pembelajaran kewirausahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket. Data dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan multimedia pembelajaran CBI berdasarkan penilaian dari : 1) Ahli Materi I diperoleh rata-rata 4,83 yang termasuk kategori Sangat Layak; 2) Ahli Materi II diperoleh rata-rata 4,92 yang termasuk kategori Sangat Layak; 3) Ahli Materi III diperoleh rata-rata 4,71 yang termasuk kategoti Sangat Layak; 4) Ahli Media I diperoleh rata-rata 4,57 yang termasuk kategori Sangat Layak; 5) Ahli Media II diperoleh rata-rata 4,35 yang termasuk kategoti Sangat Layak; 6) Ahli Media III diperoleh rata-rata 4,00 yang termasuk kategoti Layak;7) Praktisi Pembelajaran diperoleh rata-rata 4,02 yang termasuk kategori Layak; 8) Mahasiswa diperoleh rata-rata 4,00 yang termasuk kategori Layak. Dengan demikian multimedia pembelajaran interaktif Computer Based Instruction (CBI) yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media media pembelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, Computer Based Instruction (CBI), Adobe Flash, ADDIE .
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 14:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51203

Actions (login required)

View Item View Item