PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI WIRAUSAHA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK N 1 KALASAN

Aminah, Ariska Candra Nur (2017) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI WIRAUSAHA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK N 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ARISKA CANDRA NUR AMINAH_13803241060.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) produk media berupa mobile learning berbasis Android pada materi wirausaha mata pelajaran kewirausahaan di kelas XI SMK N Kalasan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbasis Android materi wirausaha mata pelajaran kewirausahaan untuk siswa SMK, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran mobile learning berbasis Android pada materi wirausaha mata pelajaran kewirausahaan untuk siswa SMK, 3) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa SMK pada materi wirausaha mata pelajaran kewirausahaan dengan menggunakan mobile learning berbasis Android. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Four-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan. Pada tahap design dilakukan penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap develop dilakukan penilaian para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi serta uji pengembangan. Pada tahap disseminate dilakukan uji validasi dan penyebaran. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi, skor rata-rata aspek materi adalah sebesar 4,78 (Sangat Layak), aspek media sebesar 4,22 (Sangat Layak), dan aspek bahasa sebesar 4,23 (Sangat Layak). Berdasarkan respon siswa pada uji pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 4 (Layak), aspek desain pembelajaran sebesar 3,71 (Layak), dan aspek komunikasi visual sebesar 3,58 (Layak). Hasil uji validasi untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa yang dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest diperoleh nilai gain sebesar 0,86 (Tinggi).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning, Android, Wirausaha, Kewirausahaan
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:26
Last Modified: 27 Jul 2017 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51199

Actions (login required)

View Item View Item