Kurniawati, Erwin and Susanti, Mathilda (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (217kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS materi segiempat dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII yang memenuhi kualitas kelayakan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahapan ADDIE yang dilakukan, yaitu: (1) analysis, meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis karakteristik siswa; (2) design, meliputi perancangan RPP dan LKS; (3) development, meliputi penyusunan RPP dan LKS sesuai tahap design, validasi RPP dan LKS oleh ahli, dan revisi; (4) implementation, meliputi uji coba RPP dan LKS pada siswa SMP kelas VII untuk menganalisis kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran; (5) evaluation, dilakukan analisis kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil tahap implementation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS oleh dosen ahli untuk menilai kevalidan, angket respon siswa untuk menilai kepraktisan LKS, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk menilai kepraktisan RPP, serta soal pretest dan posttest untuk menilai keefektifan. Dari penilaian ahli, diperoleh hasil bahwa RPP dan LKS layak berdasarkan aspek kevalidan dan keduanya mencapai kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 4.38 untuk RPP dan 4.32 untuk LKS dari skor maksimum 5.00. Kepraktisan RPP didasarkan pada hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai 92.5% dengan kriteria sangat baik. Kepraktisan LKS dilihat dari hasil angket respon siswa yang menunjukkan kriteria baik dengan skor rata-rata penilaian 3.83 dari skor rata-rata maksimum 5.00. RPP dan LKS layak dari aspek keefektifan berdasarkan ketuntasan belajar siswa yang mencapai 73.53% dengan kriteria baik dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, yaitu meningkat dari 63.23% menjadi 79.12%. Kata kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Segiempat, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 00:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |