LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN

Ray Cinthya Habellia, Ray Cinthya Habellia (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL RAY CINTHYA H (13312244031).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik maupun tenaga kependidikan, melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari. Kegiatan PPL memungkinkan mahasiswa untuk memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensi sebagai pendidik dan memberi pengalaman kepada mahasiswa untuk menguasai kemampuan keguruan dan kompetensi lain yang diperlukan sebagai seorang pendidik, sehingga dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional. Praktik pengalaman lapangan berlangsung selama dua bulan, terhitung mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMP Negeri 1 Muntilan. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan serta penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL yang dilaksanakan di kampus UNY oleh tim LPPMP sebelum penerjunan ke lapangan. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 1 Muntilan meliputi observasi potensi pengembangan sekolah yang meliputi observasi kegiatan pembelajaran dan observasi fisik sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program dan pelaksanaan program. Tahap pelaksanaan PPL meliputi pembuatan administrasi mengajar, pemetaan KI dan KD, pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, pembuatan soal evaluasi, analisis penilaian, dan konsultasi dengan guru pembimbing maupun dosen pembimbing. Tahap ketiga adalah penyusunan laporan dan evaluasi. Peserta PPL wajib menyusun laporan PPL yang kemudian akan di evaluasi oleh sekolah, guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Muntilan diisi dengan berbagai macam kegiatan meliputi kegiatan rutin 4S (sambut, senyum, sapa, salam), pendampingan program caracter building, praktek mengajar di kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, dan VIIE, matrikulasi mata pelajaran IPA kelas VII, pendampingan kegiatan OSIS, pendampingan kegiatan pramuka, pendampingan kegiatan perkemahan, dan pendampingan karnaval. Praktek mengajar diisi dengan materi Ilmu Pengetahuan Alam yang terbagi kedalam lima submateri yaitu Penyelidikan IPA; Pengukuran Bagian Dari Pengamatan; Besaran Pokok Dan Besaran Turunan; Tugan Proyek; serta Klasifikasi Makhluk Hidup. Dalam kegiatan PPL mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi untuk mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah yang bersangkutan. Tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan tetapi juga mentransfer nilai moral baik tutur kata maupun tingkah laku dalam bekerja di suatu instansi sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, IPA, SMP Negeri 1 Muntilan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jul 2017 00:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51189

Actions (login required)

View Item View Item