PENGARUH EKSTRAK DAUN KENARI (Canarium indicum L.) TERHADAP JUMLAH KELENJAR DAN KETEBALAN LAPISAN ENDOMETRIUM TIKUS PUTIH BETINA (Rattus norvegilus, L.)

Marfuah, Ismiyati (2017) PENGARUH EKSTRAK DAUN KENARI (Canarium indicum L.) TERHADAP JUMLAH KELENJAR DAN KETEBALAN LAPISAN ENDOMETRIUM TIKUS PUTIH BETINA (Rattus norvegilus, L.). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB II)
3 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
4 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB IV)
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB V)
6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daunkenari (Canarium indicum L.) terhadap jumlah kelenjar dan ketebalan endometrium tikus putihbetina (Rattus norvegilus, L.) Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL).Obyek yang digunakan adalah tikus putih yang kurang lebih 2 bulan yang belum pernah bunting. Tikus dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kontrol (tanpa ekstrak daun kenari), perlakuan I (200 mg/ekor/hari), perlakuan II (300 mg/ekor/hari), perlakuan III (400 mg/ekor/hari). Pencekokan dengan perlakuan ekstrak daun kenari terhadap tikus putih berlangsung selama 21 hari. Data yang diamati adalah tebal lapisan endometrium dan jumlah kelenjar endometrium.Uji Kruskal Wallis digunakan untuk menganalisis pengaruh pemberian ekstrak kenari terhadap jumlah kelenjar endometrium.Uji One Way Annova digunakan untuk menganalisis pengaruh pemberian ekstrak daun kenari terhadap tebal lapisan endometrium untuk mengetahui perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan, apabila ada perbedaan yang nyata maka dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun kenari memiliki pengaruh nyata (P < 0,01) terhadap jumlah kelenjar endometriumdan ketebalan lapisan endometrium. Kata kunci: Kenari, Endometrium,Kelenjar endometrium.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 14:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51187

Actions (login required)

View Item View Item