Kurnawati, Nur Dwi Laili and Jailani, Jailani (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN CONTOH TERAPAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATHEMATICS WORD PROBLEM SISWA SMP. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
Cover.pdf Restricted to Repository staff only Download (987kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan model problem based learning dengan contoh terapan ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mathematics word problem siswa SMP, 2) mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan model saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mathematics word problem siswa SMP, 3) Mengetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran menggunakan model problem based learning dengan contoh terapan dan pembelajaran menggunakan model saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mathematics word problem siswa SMP jika keduanya efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mathematics word problem. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 1 Cepiring sebanyak 272 siswa. Sampel yang terpilih adalah 68 siswa dengan 34 siswa mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan model saintifik dan 34 siswa mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan model problem based learning dengan contoh terapan. Validitas yang digunakan adalah validitas isi oleh dua dosen ahli dan hasil validasi menunjukkan bahwa isntrumen valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran model problem based learning dengan contoh terapan efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mathematics word problem dengan rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen adalah 81,7647 dan varians sebesar 66,125, 2) Pembelajaran model saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mathematics word problem dengan rata-rata nilai posttest siswa kelas kontrol adalah 77,7647 dan varians sebesar 59,337, 3) Pembelajaran model problem based learning dengan contoh terapan lebih efektif dibandingkan pembelajaran model saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mathematics word problem. Kata Kunci: problem based learning, contoh terapan, pemecahan masalah mathematics word problem
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 00:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51186 |
Actions (login required)
View Item |