LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/ MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMK NEGERI 1 MAGELANG

Tiyas Dwi Setiawan, Tiyas Dwi Setiawan (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/ MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMK NEGERI 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
21 LAPORAN PPL_TIYAS DWI SETIAWAN.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Magang III merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik profesional. Program kegiatan mahasiswa PPL di SMK Negeri 1 Magelang meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. Kegiatan mengajar merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran antara lain: pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teknologi Mekanik, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar terbimbing dan mengajar individu. Sedangkan kegiatan non mengajar adalah kegiatan yang berkaitan di luar pembelajaran antara lain: observasi, Upacara bendera, Senam Kesegaran Jasmani/SKJ, konsultasi dengan dosen/guru pembimbing, membantu guru pembimbing dan kegiatan lain di sekolah. Rencana pelaksanaan kegiatan mengajar mahasiswa PPL sebanyak 191 jam dan rencana pelaksanaan kegiatan non mengajar sebanyak 64,5 jam. Hasil pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Magelang yaitu terlaksananya kegiatan mengajar sebanyak 180 jam dan untuk kegiatan non mengajar sebanyak 116 jam. Kegiatan mengajar yang terlaksana selama PPL antara lain: pembuatan media pembelajaran berupa jobsheet, portofolio, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebanyak 7 buah, dan praktik mengajar mandiri 12 kali. Sedangkan kegiatan non mengajar yang telah dilaksanakan antara lain: membantu kegiatan pengembangan jurusan, panitia HUT SMK dan HUT RI, piket guru, piket ketertiban serta membantu kegiatan guru pembimbing, membantu kegiatan LKS dan unit produksi jurusan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Mahasiswa, PPL,Teknologi Mekanik, SMK N 1 Magelang
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 07:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51169

Actions (login required)

View Item View Item