LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/ MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMK NEGERI 1 MAGELANG

Mohamad Dirgantara Nurul Galaxi, Mohamad Dirgantara Nurul Galaxi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/ MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMK NEGERI 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10 LAPORAN PPL_MOHAMAD DIRGANTARA NURUL GALAXI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah : (1) Menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan professional. (2) Menintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya kedalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan. (3) Memebrikan kesmepatan pada mahasiswa untuk menghayati dan memehami permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran. (4) Mengkaji dan mengembangkan praktik keguruan dan praktik kependidikan Praktik Pengalaman Lapangan. Sebelum pelaksanaan PPL mahasiswa terlebih dahulu melalui programprogram yang difasilitasi kempus seperti pembuatan media pendidikan, metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan yang terpenting adalah pelatihan microteaching. Dalam microteaching ini mahasiswa berlatih mengajar dikampus dan dilatih dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan wajib lulus agar melanjutkan PPL di sekolah. Sebelum penerjunan PPL, mahasiswa yang lulus microteaching wajib mengikuti pembekalan PPL guna memberi wawasan tentang cara mengajar dan aspek apa saja yang harus dipenuhi ketika pelaksanaan PPL. Setelah pelaksanaan pembekalan PPL, mahasiswa melaksanakan observasi sekolah dan kelas untuk mengetahui kondisi secara umum maupun khusus. Dalam pelaksanaan PPL ini, mahasiswa praktikkan mengampu mata pelajaran Ukur Tanah Dasar (UTD). Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebanyak 1 semester. Mahasiswa praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali, dan praktik mengajar mandiri sebanyak 24 kali. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikkan memperoleh pengalaman yang belum diperoleh di perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan penguasaan kelas. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman dalam mengenali dan mengatasi permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal pengabdian di masyarakat dimasa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mahasiswa, PPL, dan UTD
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 06:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51158

Actions (login required)

View Item View Item