LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/ MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMK NEGERI 1 MAGELANG

SULISTYANA ADHI NUGROHO, SULISTYANA ADHI NUGROHO (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/ MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMK NEGERI 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09 LAPORAN PPL_SULISTYANA ADHI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Magang III merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mengajar mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. PPL ini diharapan dapat memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Dengan adanya PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional. Program kegiatan mahasiswa PPL di SMK Negeri 1 Magelang meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. Kegiatan mengajar merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran antara lain: observasi, konsultasi dengan dosen/guru pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran, membuat evaluasi pembelajaran, dan praktik mengajar terbimbing. Sedangkan kegiatan non mengajar adalah kegiatan yang berkaitan di luar pembelajaran antara lain: membantu kegiatan guru pembimbing, membantu kegiatan akreditasi sekolah, piket pagi/piket guru, upacara bendera, senam kesehatan jasmani, dan penyusunan laporan PPL. Sedangan kegiatan tambahan yang dilakukan adalah membantu kegiatan HUT RI ke 71 dan HUT SMK. Rencana kegiatan mengajar mahasiswa PPL sebanyak 248 jam dan rencana kegiatan non mengajar sebanyak 72 jam. Hasil pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Magelang adalah dapat terlaksananya kegiatan sebanyak 315 jam, dengan rincian kegiatan mengajar sebanyak 242 jam dan kegiatan non mengajar sebanyak 73 jam. Dengan terlaksananya kegiatan PPL ini mahasiswa memperoleh pengalaman, wawasan, dan pengembangan dalam mengajar, peningkatan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab,dan kemampuan dalam memecahkan masalah di kelas. Serta mendapat pengalaman tentang perangkat administrasi guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Mahasiswa, PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 06:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51157

Actions (login required)

View Item View Item