LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/ MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMK NEGERI 1 MAGELANG

Para DatuKaurima, Para DatuKaurima (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/ MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMK NEGERI 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
05 LAPORAN PPL_PARAS DATU KAURIMA.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Guru memilikiperanpentinguntukmemberikanilmu yang berguan. Tetapimenjadi guru bukansesuatuhal yang mudah, tidaksertamertasemua orang bisamelalukannya. OlehkarenaitudibutuhkanPraktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Magang III yang merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional. Program kegiatan mahasiswa PPL di SMK Negeri 1 Magelang meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. Kegiatan mengajar merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran antara lain: pembuatan media pembelajaran, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), praktik mengajar terbimbing, dan praktik mengajar mandiri. Dalam hal ini di khusus kan mengajar mata pelajaran beton bertulang 2 dan konstruksi batu 3. Sedangkan kegiatan non mengajar adalah kegiatan yang berkaitan di luar pembelajaran antara lain: observasi, konsultasi dengan dosen/guru pembimbing, membantu guru pembimbing dan kegiatan lain di sekolah. Rencana pelaksanaan kegiatan mengajar mahasiswa PPL sebanyak 274jam dan rencana pelaksanaan kegiatan non mengajar sebanyak 54 jam. Hasil pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Magelang adalah dapat terlaksananya kegiatan mengajar sebanyak 292.5 jam dan untuk kegiatan non mengajar sebanyak 43.5 jam. Kegiatan mengajar yang terlaksana selama PPL antara lain: pembuatan media pembelajaran berupa power point materi pelajaran, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama 2 semester yang terdiri 8 kompetensidasar, praktik mengajar terbimbing sebanyak 17 kali, dan praktik mengajar mandiri sebanyak 7 kali. Sedangkan kegiatan non mengajar yang telah dilaksanakan antara lain: observasi, piket ketertiban, panitia HUT SMK dan HUT RI, piket ruang guru, upacara hari senin, senam SKJ, dan membantu kegiatan guru pembimbing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mahasiswa, PPL, dan UTD
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 06:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51154

Actions (login required)

View Item View Item