LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 DI SMA NEGERI 1 MAGELANG

SHEILA WAHYU KAMILA, SHEILA WAHYU KAMILA (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 DI SMA NEGERI 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SHEILA WAHYU KAMILA_13303241051_PPL SMA N 1 Magelang 2016.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNY yang mengambil jalur kependidikan. Tujuan dari PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, mengembangkan kompetensi keguruan/ kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat megetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu diharapkan mahasiswa dapat memeperoleh bekal pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Sehingga, setelah melaksanakan program PPL praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman untuk menjadi calon pendidik yang berkualitas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan di SMA Negeri 1 Magelang, meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Program PPL di SMA Negeri 1 Magelang, dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Praktikan diterjunkan untuk mengajar di 6 kelas yaitu kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, X MIA 4, X MIA 5, dan X MIA 6. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan pembelajaran kimia meliputi KD 3.1 Memahami metode ilmiah, hakikat ilmu kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan, KD 4.1 Menyajikan hasil rancangan dan hasil percobaan ilmiah, KD 3.2 Memahami model atom Dalton, Thomson, Rutherfod, Bohr, dan mekanika gelombang, KD 4.2 Menggunakan model atom untuk menjelaskan fenomena alam atau hasil percobaan, serta KD 3.3 Memahami cara penulisan konfigurasi elektron dan pola konfigurasi elektron terluar untuk setiap golongan dalam tabel periodik. Kompetensi dasar tersebut berdasarkan Silabus Mata Pelajaran Kimia Kurikulum 2013 Revisi 2016. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, praktikan melakukan praktik mengajar terbimbing dengan guru pembimbing dan mengajar mandiri. Praktikan juga membuat perangkat pembelajaran RPP, alokasi waktu, program tahunan, program semester serta perangkat evaluasi dengan bimbingan dan pantauan guru dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, piket kantor, membantu perpustakaan, dan lain-lain. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Magelang pada bulan Juli-September dapat di ambil makna bahwa praktik pengalaman lapangan merupakan wahana yang tepat bagi mahasiswa calon guru untuk dapat mempraktikkan ilmu yang didapat dari kampus, sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependidikan yang kompeten serta sebagai pengembangan dari empat kompetensi bagi praktikkan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Praktik persekolahan merupakan pengalaman menambah bekal bagi calon guru diluar tugas mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Keynote: PPL , mengajar, pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 06:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51153

Actions (login required)

View Item View Item