PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI PSIKOMOTORIK

Sustikawati, Sustikawati and Mundilarto, Mundilarto (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI PSIKOMOTORIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan instrumen non tes berbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA pada kompetensi psikomotorik; (2) memetakan hasil belajar fisika siswa SMA pada kompetensi psikomotorik dengan instrumen non tes berbasis scientific approach yang telah dikembangkan; dan (3) menghasilkan instrumen non tes berbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA yang efektif digunakan oleh guru dalam penilaian kompetensi psikomotorik siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D models. Adapun tahapannya adalah define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan angket. Instrumen yang dihasilkan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) produk instrumen non tes yang dikembangkan layak digunakan, yaitu memenuhi kriteria valid dan reliabel. Hasil validitas dengan rumus Aiken, diperoleh angka 0,885-1 dan memenuhi kriteria valid untuk semua item. Tingkat reliabilitas instrumen non tes berdasarkan koefisien Cohen Kappa masuk dalam kategori baik karena memperoleh κ= 0,673 untuk lembar pengamatan dan κ= 0,604 untuk penilaian diri dan penilaian teman sebaya; (2) pemetaan hasil penilaian kompetensi psikomotorik dengan menggunakan instrumen non tes berbasis scientific approach mampu meningkatkan kompetensi psikomotorik siswa. Hal ini berdasarkan hasil penilaian kompetensi psikomotorik siswa yaitu 80,56 untuk kelas XI IPA 1, 77,86 untuk kelas XI IPA 2, dan 78,94 untuk kelas XI IPA 4. Ketiga hasil ini berada pada predikat baik (B); (3) produk instrumen non tes berbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA pada kompetensi psikomotorik memudahkan guru dalam melakukan penilaian kompetensi psikomotorik. Kata kunci : instrumen non tes, scientific approach, pemetaan, kompetensi psikomotorik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 14:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51152

Actions (login required)

View Item View Item