LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 DI SMA NEGERI 1 MAGELANG

Nabilah Riza Putri, Nabilah Riza Putri (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 DI SMA NEGERI 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nabilah Riza Putri (13303241044) - PPL KIMIA UNY SMAN 1 MAGELANG 2016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Magelang berlokasi di Jalan Cepaka Nomor 1, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang. PPL adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa di semua jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari program ini yakni untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga dan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan penulis melaksanakan PPL di SMA N 1 Magelang agar dapat menambah pemahaman dan penghayatan tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah, memperoleh pengalaman tentang cara berpikir dan bekerja secara disiplin, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di sekolah. Selain itu, diharapkan pula agar memperolah pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat berperan sebagai motivator, dinamisator, dan membantu pemikiran sebagai problem solver. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan, yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan mengajar dimulai dengan observasi sekolah yang dilaksanakan pada bulan Maret 2016. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah Micro Teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai pada tanggal 19 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dalam praktik mengajar, praktikan diberi kesempatan untuk mengajar kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 3 dengan jumlah sebanyak 23 kali pertemuan mengajar mandiri dan 3 kali pertemuan mengajar terbimbing. Program kerja yang dilakukan oleh praktikan guna mendukung kegiatan pembelajaran adalah 1) pembuatan RPP ; 2) Pembuatan soal-soal dan ulangan harian ; 3) pembuatan lembar kerja siswa untuk pelaksanaan praktikum ; 4) pembuatan program semester dan tahunan, dan lainlain. Dari kegiatan praktik mengajar, dapat diketahui bahwa siswa SMA Negeri 1 Magelang mempunyai kesungguhan belajar yang tinggi dan aktif dalam setiap kegiatan organisasi yang ditekuninya. Siswa memiliki keaktifan sesuai dengan bakatnya masingmasing dan motivasi belajar yang tinggi. Dalam mewujudkan output yang unggul, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional, seperti konsolidasi kegiatan belajar-mengajar (KBM), menjalin hubungan interpersonal, melengkapi prasarana dan sarana, dan ketertiban administrasi. Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran dan meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara universitas dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kimia, Pembelajaran, PPL , SMAN 1 Magelang,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 05:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51151

Actions (login required)

View Item View Item