LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMA N 1 MAGELANG

Imam Arofik, Imam Arofik (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMA N 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL - Imam Arofik.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai instansi pendidikan yang banyak menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, keterampilan dan pengetahuan, sehingga dapat menjadi guru atau tenaga pendidik yang profesional dan mempu membentuk generasi bangsa yang cendekia dan mempunyai kepribadian baik. Untuk menjadi guru yang memiliki pengetahuan luas dan berpengalaman maka UNY memberikan program untuk melaksanakan Praktik Pengalam Lapangan (PPL) bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan semester 6 dan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sebuah program yang bertujuan untuk memberikan pendidikan untuk belajar langsung di lapangan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah didapatkan di kampus dan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, dalam praktik dilapangan diharapkan mahasiswa mampu memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan dalam mendidik, mengetahui kondisi di lapangan dan mampu mengambil keputusan dengan baik. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program PPL di SMA Negeri 1 Magelang, dilaksanakan pada tanggal 19 Juli sampai dengan 15 September 2016. Sebelum pelaksanaan praktik PPL, ada beberapa hal yang dilakukan sebelum mahasiswa praktikan mulai mengajar di kelas, antara lain : observasi kondisi sekolah dan kondisi kelas saat kegiatan belajar mengajar, menyusun perangkat pembelajaran, praktik mengajar, evaluasi pembelajaran dan penyusunan laporan PPL. PPL dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Melalui PPL ini banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa, terutama bagaimana menjadi guru yang baik dan profesional, bagaimana mentransfer ilmu dan bagaimana mengembangkan kemampuan dan wawasan sebagai seorang guru yang menjadi teladan bagi siswa-siswa yang di didik. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Magelang, penyusun mendapatkan kesempatan praktik mengajar di kelas XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3 dan XII IPS 4 dengan materi ajar Perubahan Sosial dan Dampak Perubahan Sosial, serta kelas X IPS 1 dengan materi Norma Sosial. Tetapi kelas yang mendapatkan prioritas adalah kelas XII IPS 1 yang memiliki jumlah pertemuan yang paling besar dibandingkan 3 kelas lainnya, dikarenakan 3 kelas lain jadwal sosiologi berada di hari sabtu, yang bertepatan dengan hari KKN, sehingga praktikan tidak bisa mengajar di hari sabtu. Kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Magelang, terlaksana selama dua bulan dan praktikan dibimbing oleh guru Sosiologi Bapak Sarono, praktikan juga berpatner dengan mahasiswa UNNES program studi pendidikan sosiologi yang juga PPL di SMA Negeri 1 Magelang. Kata Kunci: Pengalaman,

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengalaman, Mengajar, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51146

Actions (login required)

View Item View Item