LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 MAGELANG

Alif Ramadhani Rahman, Alif Ramadhani Rahman (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL - Alif Ramadani Rahmat.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa di semua jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga dan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan penulis melaksanakan PPL di SMA N 1 Magelang adalah memberi kesempatan penulis untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan yang dihadapi di lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrapilan yang dimiliki dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus menyumbangkan ide dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan, yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan mengajar dimulai dengan observasi sekolah yang dilaksanakan pada bulan Maret 2016. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah Micro Teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dalam praktik mengajar, praktikan diberi kesempatan untuk mengajar kelas X IPS dan MIA dengan jumlah mengajar sebanyak 9 kali pertemuan.Kendala yang dihadapi selama melaksanakan pembelajaran adalah masih adanya peserta didik yang ribut sendiri atau kurang konsentrasi selama mengikuti pembelajaran. Selain itu, peserta didik juga terkadang terlambat mengumpulkan tugas dengan beralasan banyaknya tugas mata pelajaran lain. Solusi dalam menghadapi kendala tersebut adalah memberikan tugas kepada peserta didik, baik secara berkelompok maupun individu, dan memberikan perhatian khusus kepada siswa tersebut. Praktikan juga senantiasa berkonsultasi dengan guru pembimbing untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya. Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki dalam kehidupan nyata di sekolah, dan meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara universitas dengan sekolah yang terkait. Setelah dilaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan kesimpulan bahwa siswa SMA Negeri 1 Magelang mempunyai kesungguhan belajar yang tinggi dan aktif dalam setiap kegiatan organisasi yang ditekuninya. Siswa memiliki keaktifan sesuai dengan bakatnya masing-masing dan motivasi belajar yang tinggi. Dalam mewujudkan output yang unggul, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional, seperti konsolidasi kegiatan belajar-mengajar (KBM), menjalin hubungan interpersonal, melengkapi prasarana dan sarana, dan ketertiban administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51144

Actions (login required)

View Item View Item