Pengembangan Media VICH-Lab Berbasis Hypertext Markup Leanguge Version 5 dalam Hybrid learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA.

Satria, Angga (2017) Pengembangan Media VICH-Lab Berbasis Hypertext Markup Leanguge Version 5 dalam Hybrid learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-angga-satria-15728251003.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan karakteristik media VICH-Lab berbasis HTLM5 pada materi kesetimbangan kimia untuk peserta didik kelas XI SMA; (2) Menguji kualitas VICH-Lab berbasis HTLM5 pada materi kesetimbangan kimia untuk peserta didik kelas XI SMA; (3) Mengetahui peningkatan kemandirian dan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan media VICH-Lab yang terintegrasi dalam pembelajaran Hybrid learning dengan media pembelajaran LKS menggunakan model kurtilas. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) yang mengadaptasi model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu (1) pengumpulan data informasi (research and information collecting); (2) perencanaan (planning); (3) pengembangan draf produk awal (develop preliminary form of product); (4) Uji coba lapangan awal (preliminary field testing); (5) merevisi hasil uji coba (main product revesion); (6) Uji coba lapangan (main field testing); (7) Revisi produk akhir (operational product revision); (8) uji pelaksanaan lapangan (operational fiel testing); (9) penyempurnaan produk akhir (final product revision); dan (10) diseminasi (dissemination). Penilaian produk dilakukan oleh salah satu ahli media, dua ahli materi kimia, lima peer reviewer dan tujuh belas pendidik kimia. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas XI SMA/MA dengan rincian 9 peserta didik SMA Taruna Nusantara untuk uji coba lapangan awal, 33 peserta didik SMAN 1 Wates untuk uji coba lapangan, dan 65 peserta didik SMAN 1 Wates untuk uji pelaksanaan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket kemandirian, dan soal tes prestasi belajar. Hasil peneitian menunjukkan bahwa:(1) media VICH-Lab berbasis HTLM5 mendukung pembelajaran kimia SMA pada materi kesetimbangan kimia, dapat digunakan di dalam maupun di luar pembelajaran kimia di sekolah, serta menyajikan penjelasan materi dan laboratorium virtual yang menarik dan interaktif; (2) media VICH-Lab berbasis HTLM5 yang telah dikembangkan memiliki kriteria kualitas baik dari penilaian aspek materi dan media, dan hasil uji coba awal serta uji coba lapangan peserta didik; serta (3) terdapat perbedaan peningkatan kemandirian dan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan media VICH-Lab berbasis HTLM5 dalam hybrid learning dengan pembelajaran tanpa VICH-Lab berbasis HTLM5 dalam hybrid learning.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: VICH-Lab, Kemandirian, Prestasi Belajar, Kesetimbangan Kimia.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:45
Last Modified: 09 May 2019 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51141

Actions (login required)

View Item View Item