Metode Pembelajaran Think-Pair-Share, Kecerdasan Kinestetik, dan Peningkatan Ketrampilan Motorik pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari): Eksperimen pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah 3 Depok.

Sunyar, Rinanti Murdianing (2017) Metode Pembelajaran Think-Pair-Share, Kecerdasan Kinestetik, dan Peningkatan Ketrampilan Motorik pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari): Eksperimen pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah 3 Depok. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rinanti-murdianing-sunyar-15724251010.swf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan mengetahui: (1) perbedaan keefektifan metode Think-Pair-Share dibandingkan dengan metode imitasi ditinjau dari peningkatan ketrampilan motorik peserta didik pada mata pelajaran seni tari, (2) perbedaan kecerdasan kinestetik yang dimiliki masing-masing peserta didik terhadap ketrampilan motoriknya pada mata pelajaran seni tari, dan (3) efektivitas penerapan metode pembelajaran Think-Pair-Share dan kecerdasan kinestetik yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik terhadap peningkatan ketrampilan motorik pada mata pelajaran seni tari di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, eksperimental-semu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan teknik analisis two way anova. Penelitian eksperimen inimenunjukkan bahwa: (1) hipotesis pertama adalah “adanya perbedaan yang signifikan pada keefektifan metode Think-Pair-Share dibandingkan dengan metode imitasi jika ditinjau dari peningkatan ketrampilan motorik peserta didik pada mata pelajaran seni tari di SMP Muhammadiyah 3 Depok” teruji kebenarannya dengan nilai Fhitung sebesar 8.086 dan nilai signifikansi sebesar 0.012 ≤ 0.05, (2) hipotesis kedua adalah “adanya perbedaan yang signifikan pada kecerdasan kinestetik yang dimiliki masing-masing peserta didik terhadap ketrampilan motoriknya pada mata pelajaran seni tari di SMP Muhammadiyah 3 Depok” teruji kebenarannya dengan nilai Fhitung sebesar 13.148 dan nilai signifikansi sebesar 0.001≤ 0.05, dan (3) hipotesis ketiga adalah “adanya perbedaan yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Think-Pair-Share dan kecerdasan kinestetik yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik terhadap peningkatan ketrampilan motorik pada mata pelajaran seni tari di SMP Muhammadiyah 3 Depok” diterima secara empiris dengan nilai Fhitung sebesar 4.242 dan nilai signifikansi sebesar 0.035 ≤ 0.05 sehingga ada perbedaan yang signifikan ketrampilan motorik siswa dengan menggunakan metode Think-Pair-Share dan imitasi yang diikuti dengan kecerdasan kinestetik terhadap peningkatan ketrampilan motorik seni tari.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Think-Pair-Share, kecerdasan kinestetik, ketrampilan motorik, seni tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:12
Last Modified: 09 May 2019 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51139

Actions (login required)

View Item View Item