PENGEMBANGAN RPP MENGGUNAKAN METODE STAD PADA PEMBELAJARAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI KELAS VII

Akmal Zain, Muhammad (2017) PENGEMBANGAN RPP MENGGUNAKAN METODE STAD PADA PEMBELAJARAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI KELAS VII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
pdf skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran passing bawah dalam permainan bola voli selama ini masih berpusat pada guru sehingga butuh pendekatan yang lebih berpusat pada pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP menggunakan metode STAD pada pembelajaran passing bawah dalam permainan bola voli kelas VII MTS N 6 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Brog & Gall Langkah-langkah penelitian pengembangan yang dipakai adalah sebagai berikut: (1) mengidentifikasikan potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap delapan, yaitu uji coba pemakaian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS N 6 Sleman. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli kurikulum dan ahli materi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dalam bentuk presentase dan dimasukan kedalam kategori penilaian Sugiyono untuk memperoleh kategori dari produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini diperoleh RPP menggunakan metode STAD pada Pembelajaran Passing bawah dalam Permainan Bola Voli kelas VII MTS N 6 Sleman. Presentasi penilaian dari ahli kurikulum sebesar 77.42% (baik), ahli materi 1sebesar 79.77% (baik), dan ahli materi 2/ tanggapan Guru sebesar 81,11% (sangat baik), hasil penelitian model RPP menggunakan metode STAD pada Pembelajaran Passing bawah dalam Permainan Bola Voli kelas VII MTS N 6 Sleman akhir didapat hasil 79.42% yaitu (baik).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RPP, Pengembangan, STAD,Bola Voli, PJOK, MTS N 6 Sleman
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 14:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51137

Actions (login required)

View Item View Item