LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA HALAMAN JUDUL LOKASI : SMK MA’ARIF 1 WATES

WAHYU EKO NURCAHYO, WAHYU EKO NURCAHYO (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA HALAMAN JUDUL LOKASI : SMK MA’ARIF 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
07. 13518241044_WAHYU EKO N_PPL_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang menempuh jenjang pendidikan S1 sebagai sarana mahasiswa melatih kompetensinya dalam kegiatan kependidikan baik kegiatan yang berkaitan dengan mengajar, maupun kegiatan kependidikan lainnya yang sebagaimana lazimnya dilakukan oleh tenaga kependidikan. Tujuan dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah untuk menghasilkan lulusan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta sebagai calon tenaga guru kependidikan yang profesional. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 di SMK Ma’arif I Wates yang beralamat di Jln. Puntodewo, Gadingan, Wates, Kulon Progo. Dalam pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini, penulis mengampu tiga mata pelajaran yaitu Teknik Mikroprosesor/Teknik Pemrograman kelas X TAV, Teknik Elektronika kelas X TAV, dan Simulasi Digital kelas X TIPTL. Demi tercapainya tujuan Praktik Pengalaman Lapangan secara maksimal, Praktik Pengalaman Lapangan mencakup persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pelaksanaan mata kuliah Pengajaran Mikro, observasi sekolah sasaran Praktik Pengalaman Lapangan, bimbingan dosen, dan kegiatan perisapan lain yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Tahap pelaksanaan mencakup kegiatan mengajar dan non-mengajar yang menunjang kegiatan belajar mengajar serta kegiatan keguruan lainnya sebagai wujud bagian dari tenaga kependidikan di sekolah. Tahap evaluasi dilakukan dengan pengisian angket sebagai bentuk pengawasan dan upaya untuk menjadikan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang lebih baik. Praktik Pengalaman Lapangan memberikan pengalaman dan gambaran bagi penulis dalam menuju menjadi calon tenaga guru kependidikan yang profesional. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan sarana yang tepat untuk memperoleh gambaran kegiatan tenaga kependidikan yang sesungguhnya, dan juga sebagai sarana berlatih mengembangkan kreativitas, potensi, dan motivasi dalam kegiatan kependidikan sehingga tercapai kompetensi sebagai seorang guru yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, SMK, Tenaga Kependidikan Profesional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 02:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51127

Actions (login required)

View Item View Item