PENGARUH PERMAINAN TARGET TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN PUKULAN SMASH SISWA DI SEKOLAH BULUTANGKIS MANUNGGAL BANTUL YOGYAKARTA

Sidik, Ramadhan (2017) PENGARUH PERMAINAN TARGET TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN PUKULAN SMASH SISWA DI SEKOLAH BULUTANGKIS MANUNGGAL BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Ramadhan Sidik (13601241047).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi ketepatan pukulan smash siswa di Sekolah Bulutangkis Manunggal Bantul Yogyakarta yang relatif kurang akurat karena metode latihan yang diberikan sangat monoton dan tidak menarik sehingga tidak ada antusiasme siswa dalam proses latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan target terhadap peningkatan ketepatan pukulan smash siswa di Sekolah Bulutangkis Manunggal Bantul Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen one group pretest-posttest design dengan perlakuan sebanyak 12 kali. Subjek penelitian ini adalah siswa di Sekolah Bulutangkis Manunggal Bantul Yogyakarta sebanyak 20 siswa. Tes ketepatan pukulan smash diukur menggunakan instrumen kemampuan ketepatan pukulan smash oleh Saleh Anasir (2010: 28) dengan validitas 0,926 dari criterion round robin tournament dan reabilitas 0,97 dari test-retest. Teknik analisis data menggunakan analisis Uji t dan sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas erlebih dahulu. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai t hitung 6.498 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.005. Nilai rerata hasil ketepatan pukulan smash awal atau pre-test sebesar 29,00 sedangkan ketepatan posttest naik menjadi 35,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan permainan target terhadap peningkatan ketepatan pukulan smash siswa di Sekolah Bulutangkis Manunggal Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan Target, Ketepatan, Smash, Bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 14:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51125

Actions (login required)

View Item View Item