KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X IPS 3 KELAS KHUSUS OLAHRAGA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA DALAM PEMBELAJARAN

Yunanto, Dwinanda Budi (2017) KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X IPS 3 KELAS KHUSUS OLAHRAGA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA DALAM PEMBELAJARAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
burn skripsi.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan merupakan salah satu faktor yang menentukan proses pendidikan sedangkan Olahraga merupakan salah satu budaya yang menekankan arti penting dari kedisiplinan dan kelas olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan peserta didik kelas X IPS 3 kelas khusus olahraga dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X IPS 3 kelas khusus olahraga. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terjadi beberapa pelanggaran kedisiplinan peserta didik Kelas X IPS 3 kelas khusus olahraga dalam pembelajaran yaitu datang terlambat masuk sekolah, berangkat sekolah hanya memakai sandal, tidak memperhatikan pelajaran, dan berpakaian tidak rapi serta tidak menjaga kebersihan. Faktor penyebab terjadinya pelanggaran kedisiplinan dalam pembelajaran yaitu berasal dari pendidik dan peserta didik. Upaya pendidik dalam menanamkan kedisiplinan belajar yaitu dengan memberikan motivasi, bersabar dalam menghadapi tingkah laku peserta didik, dan memanfaatkan media pembelajaran. Kendala dalam menanamkan kedisiplinan belajar yaitu banyak peserta didik yang mengantuk dan terbatasnya sarana yang dimiliki sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan peserta didik, kelas khusus olahraga, pembelajaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 14:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51121

Actions (login required)

View Item View Item